Blade Runner 2049: Mimpi Besar Sang Director


Hallo guys!
Selamat datang kembali di kampus-film.
Kali ini kita ngomongin trailer film Sci-Fi dari mimpi besarnya Director Denis Villeneuve,
Blade Runner 2049.


Sekilas tentang Blade Runner 2049

Blade Runner 2049 merupakan sekuel dari film dengan judul yang serupa, Blade Runner, dirilis tahun 1982. Genre film ini adalah Sci-Fi dan pada saat itu perilisan film tersebut mendapatkan kesuksesan besar untuk genre ini. Film sekuel ini akan bercerita tentang seorang Blade Runner baru, yang diperankan Ryan Gosling, menemukan sebuah rahasia gelap yang bisa mengakhiri peradaban umat manusia. Penemuan itu membawanya bertemu dengan Rick Deckard, diperankan oleh Harrison Ford, mantan Blade Runner yang menghilang tiga puluh tahun lalu. Kemudian LAPD K (Ryan Gosling) meminta bantuan kepada Rick Deckard untuk mencari tahu informasi rahasia gelap yang mengamcam kemanusiaan tersebut. Mereka juga harus dengan cepat menyelesaikan misi untuk menghentikan hal tersebut sebelum menjadi ancaman yang lebih besar. (sumber: sinopsisdrama66)

Berdarkan info resmi (refrensi: Imdb), Blade Runner 2049 disutradarai oleh Denis Villeneuve dan dimeriahkan oleh aktor-aktor papan atas Hollywood. Aktor-aktor tersebut di antaranya adalah Harisson Ford, Ryan Gosling, Dave Bautista, Jared Leto, Ana de Armas dan masih banyak lagi. Dengan segudang aktor papan atas tersebut, pada awalanya film ini masih terus diragukan untuk dapat menyaingi atau bahkan melewati kesuksesan film originalnya. Namun, keraguan tersebut mulai berkurang setelah sang director menjanjikan sesuatu yang luar biasa dari sekuel film ini melalui  perilisan Blade Runner 2049 - Official Trailer malam tadi.

Trailer yang 'Indah'

Trailer perdana Blade Runner 2049 resmi dirilis kemarin malam, 8 Mei 2017. Trailer ini dirilis pada acara Blade Runner 2049 Live  Q&A oleh IMAX. Pada acara tersebut juga sang director, Denis Velleneuve mengatakan bahwa "film ini adalah mimpi terbesar untuk film bergenre Sci-Fi, mimpi terbesar saya". Sang director sepertinya memang mempuanyai ambisi besar dalam genre film ini. Dan benar saja, begitu trailer resmi dirilis, netizen (twitter) banyak yang membicarakannya. Netizen dengan antusias menanggapi indahnya shoot tiap scene yang terdapat pada trailer tersebut. Jika kalian belum menonton, berikut trailernya: 




Kehebohan tidak hanya terjadi pada netizen twitter, terpantau saat artikel ini ditulis pun, sudah sekitar 32 youtuber (salah satunya Beyond the Trailer) yang juga merilis reaction video untuk trailer Blade Runner 2049. Menurut pantauan saya sejauh ini, sangat jarang youtuber dengan cepat bereaksi (membuat video reaction) ketika suatu trailer dirilis. Jadi sudah jelas bahwa trailer film ini memang cukup menghebohkan.

Realisasi Mimpi Besar Sang Director

Memang masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa mimpi besar sang director telah sukses tercapai. Namun setidaknya pasca perilisan trailer di atas, banyak sekali tanggapan positif dari kalangan masyarakat online. Penghargaan tertinggi para netizen adalah pada keindahan shoot tiap scene yang ditampilkan di trailer. Kalian mungkin masih ingat bagaimana luar biasanya pengambilan gambar pada film Denis sebelumnya, Arrival. Well, walaupun pada film Arrival Denis tidak bekerja sendiri soal cinematography (lebih banyak dipegang oleh Bradford Young), namun setidaknya ada kemiripan antara Blade Runner 2049 dan Arrival soal cinematography. Oke, agar lebih jelas tentang keindahan yang saya bicarakan, mari kita lihat lagi trailer Blade Runner 2049 dalam pause mode berikut ini:






Masterpiece. Perfection. dan kata-kata lain untuk memuji diungkapkan oleh semua orang yang telah menonton trailernya. 

Lalu apa lagi yang menjadi jaminan film ini akan bagus, selain dari cinematography-nya? Kalau kita buka profil director Denis Villeneuve, kita pasti akan tahu film ini akan menjadi bagus. Sepak terjang sang director sudah sangat baik di dalam dunia perfilman. Saya sudah menyebutkan film Arrival (2016) sebelumnya, yang mana film ini sukses mendapatkan delapan nominasi Oscar 2017, salah satunya kategori Best Pictures. Contoh lain adalah film Sicario (2015) yang juga sukses mendapatkan tiga nominasi Oscar 2016, salah satunya untuk kategori Best Achievement in Cinematography.

Dilihat dari deretan kesuksesan di atas, tidak sulit untuk kita berharap bahwa Blade Runner 2049 menjadi film yang juga akan meraih kesuksesan besar, tidak hanya dari segi pendapatan financial melainkan juga dapat memberikan kesan yang baik bagi penontonnya. Sebagai awalan, trailer yang baru dirilis kemarin malam merupakan langkah yang cukup baik untuk film ini dan juga bagi sang director sendiri, Denis Villeneuve. Mengingat reaksi yang sangat bagus dari para penonton trailer, sepertinya mimpi besar sang director akan segera terwujud dengan sukses. Semoga. Kita lihat nanti.

Demikian, terimakasih.

Komentar

  1. Hmm. Arrival aja belum nonton. Na ini pak sutradara udah mau ngeluarin film baru. Produktif bener pak.

    Btw. Penulis blognya ada berapa ya? Sendiri kah? Atau komunitas?

    BalasHapus
  2. Lagi laris pak directornya, film yang digarap bagus-bagus soalnya. Kayaknya film ini juga bakal bagus kalo ngeliat dari Trailernya.

    Untuk sekarang blog ini dikelola sendiri, Gan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Audience Score vs Critics Score, Mana yang Sebaiknya Dipercaya?

Kimi No Na Wa (Your Name) - Review

Banda: The Dark Forgotten Trail - Review