Attraction (2017) - Review



Film Blockbuster Russia

Tentang Attraction dari Imdb:

After an alien ship crash lands onto a Russian city, many who saw it and the occupants start to question their own existence while there are those who demand the aliens leave Earth.

Director:

Writers:

 (screenplay),  (screenplay)

Attraction adalah film bergenre Sci-Fi dari Russia yang pertama kali Saya tonton. Film lainnya, Guardians belum sempat Saya tonton karena belum ada BluRaynya hahaha. Film Attraction ini dari trailernya cukup menjanjikan. Penggunaan CGI yang bukan main-main menarik perhatian saya untuk coba nonton film ini. Di sutradarai oleh Fedor Bondarchuk yang dikenal dengan reputasi yang baik juga menjadi faktor lain tang menarik perhatian saya untuk film ini.

Awal film, diceritakan tentang guru yang sedang mengajar dan membicarakan fenomena alam yang akan menghiasi langit Russia, hujan meteor. Kemudian scene berpindah ke luar angkasa dengan memperlihatkan sebuah spaceship yang secara kebetulan tertabrak meteor dan jatuh ke bumi. Beberapa scene yang menggambarkan jatuhnya spaceship ini membuat saya bangun dari posisi tidur. Kemudian penggambaran reaksi dari militer Russia juga membuat saya kagum. Shootnya begitu keren. Reaksi militer memperlihatkan beberapa pesawat dan kapal induk yang siap beraksi terhadap spaceship yang dianggap benda asing tersebut. Shoot yang bagus terus berlanjut sampai pada saat spaceship benar-benar jatuh ke tanah. Penggunaan CGI-nya bukan main, jernih dan tampak nyata. Keren.

Setengah bagian pertama nonton film ini saya masih excited untuk menebak aliran premis yang dihadirkan. Tokoh utama pada cerita ini adalah Julia, anak seorang kolonel militer Russia yang secara kebetulan menjadi korban saat spaceship jatuh ke Russia. Sedangkan Ayahnya, Kolonel Lebedev adalah sosok yang keras dan bisa dibilang agak cuek dengan keadaan Julia dan fokus pada pekerjaannya. Garis besar cerita film ini adalah ada kecemburuan sosial antara makhluk asing, publik dan perlakuan militer di sana.

Singkat cerita, mendekati pertengahan, Saya malah merasa ada beberapa bagian yang janggal dan membuat saya berpikir keras untuk memahami cerita ini. Saya merasa banyak terjadi plothole dan adanya hal-hal yang kurang masuk akal. Mulai dari sini, Saya pun menyempatkan diri untuk membuat catatan-catatan yang mungkin menjadi kekurangan film ini, antara lain:

*SPOILER*
"Jalan cerita terlalu cepat dan perpindahan dari plot A ke plot B terasa janggal, kurang masuk akal, dan sangat kasar. Ada beberapa scene dimana Julia dan teman-temannya berkali-kali memasuki daerah terlarang, namun sama sekali tidak diketahui/dicurigai oleh pihak militer. Julia dan Google (seorang siswa cerdas) menerobos rumah sakit kemudian Julia tranfus darah tanpa bantuan dokter (ayolah, seorang remaja masa bisa kaya gini sih? kalaupun Julia pintar dalam hal medis, hal itu juga sama sekali tidak disinggung. Jadi enggak masuk akal), Makhuk asing langsung bisa bahasa Russia (lancar banget ngomongnya) dan masih banyak lagi...."

Setengah bagian kedua, film ini berubah dari cerita yang (saya harapkan) berfokus pada kontak manusia dan alien (seperti halnya film Sci-Fi lain) menjadi semacam cerita Drama Korea. Kenapa? Karena penggambaran makhluk asing di film sama seperti manusia pada umumnya kemudian ceritanya berfokus pada drama percintaan remaja. Menurut Saya, sangat disayangkan konflik yang dihadirkan malah terjadi pada aspek cerita remaja, padahal di awal cerita ada potensi ini jadi permasalahan berskala internasional, ya kalo ga mau internasional ya skala nasional lah.

Terakhir, kalo ngomongin secara keseluruhan film ini, Attraction adalah film yang punya potensi lebih besar dibanding filmnya sendiri. Premis-premis di awal udah cukup bagus. CGI di awal keren. Music Score-nya juga menjanjikan di awal film yang kemudian hanya muncul lagi di sepertiga akhir film. Walaupun pesan yang disampaikan di akhir film itu bagus tapi akhirnya kurang berasa. Atau mungkin saya sudah terlanjur kecewa dengan ceritanya makannya kurang berasa penyampaian pesannya.

Kesimpulan Rating: 5.0

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Audience Score vs Critics Score, Mana yang Sebaiknya Dipercaya?

Kimi No Na Wa (Your Name) - Review

Banda: The Dark Forgotten Trail - Review