Rencana dan Rancangan Kampus Polling 2018


Selamat Pagi/Siang/Malam, guys!

Pada kesempatan ini, saya tidak akan mereview film ataupun update kabar film-film terbaru namun saya akan membicarakan #KampusPolling, sebuah program yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh @KampusFilmID selama bulan September hingga Desember 2017 lalu.

Pada postingan sebelumnya, @KampusFilmID melalui tweet Moment pada tautan ini telah merilis hasil #KampusPolling periode pertama yang menetapkan film ‘Wonder’ sebagai film terbaik pada periode pertama #KampusPolling. Selain itu, ‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ ditetapkan sebagai film Indonesia terbaik pada periode pertama #KampusPolling.

Sebelum saya melanjutkan, saya ingin kembali mengingatkan dan mungkin juga mengenalkan #KampusPolling kepada kalian yang baru saja mendapatkan informasi seputar #KampusPolling.

Sekilas Kampus Polling
Sesuai dengan namanya, #KampusPolling adalah seri tweet berformat poling yang bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap film-film yang sedang tayang di Bioskop ataupun film yang tayang melalui layanan streaming seperti Netflix dan sebagainya. Bukan hanya itu, #KampusPolling juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada audiens dari @KampusFilmID agar dapat memberikan suaranya untuk menilai sebuah film sebagai bentuk apresiasi melalui seri tweet #KampusPolling ini.

Berikut ini adalah layout tweet #KampusPolling yang digunakan selama bulan September hingga Desember 2017:

Layout 2017
======================
#KampusPolling

NAMA FILM
Director:
Casts:

#HashtagFilm #HashtagFilm

Alternatif pilihan:
·         It’s terrible
·         It’s shaky
·         It’s good
·         It’s great!
======================
Kampus Polling 2018
Berdasarkan evaluasi pada #KampusPolling periode pertama, maka @KampusFilmID menetapkan bahwa durasi satu periode #KampuspPolling akan diselenggarakan selama 4 bulan. Berikut ini rancangan penyelenggaraan #KampusPolling pada tahun 2018:

Periode kedua #KampusPolling akan berlangsung selama 4 bulan pertama tahun 2018, Januari hingga April. Film yang akan diapresiasi pada periode kedua adalah film yang dirilis pertanggal 8 Januari hingga 30 April 2018.
Periode ketiga #KampusPolling akan diselenggarakan pada 4 bulan berikutnya, yaitu pada bulan Mei hinga Agustus. Film yang akan diapresiasi pada periode kedua adalah film yang dirilis pertanggal 1 Mei hingga 31 Agustus 2018.
Periode keempat #KampusPolling akan diselenggarakan pada 4 bulan terakhir tahun 2018,yaitu pada bulan September hingga Desember. Film yang akan diapresiasi pada periode kedua adalah film yang dirilis pertanggal 1 September hingga 31 Desember 2018.

Perubahan Layout Tweet #KampusPolling 2018



Keterangan Alternatif pilihan:
·         A Terrible / Bad Movie – Kategori Negatif
Adalah pilihan untuk film yang menurut kalian memiliki banyak masalah baik dari cerita, visual, musik ataupun elemen lain sehingga film ini tidak layak untuk ditonton.
·         Not Good Enough – Kategori Negatif
Adalah pilihan untuk film yang menurut kalian masih layak ditonton namun masih memiliki beberapa masalah baik dari cerita, visual, musik dan elemen lain.
·         Just Good Movie – Kategori Positif
Adalah pilihan untuk film yang menurut kalian menghibur baik dari segi cerita, visual atau elemen lain, namuan belum dapat membuat kalian terpukau.
·         Great Movie! – Kategori Positif
Adalah pilihan untuk film yang menurut kalian menyuguhkan sesuatu yang memukau baik dari elemen cerita, visual, musik ataupun elemen lain dan layak untuk direkomendasikan kepada teman-teman lain.

Hasil #KampusPolling nantinya akan diranking dan diumumkan pada minggu pertama bulan setelah berakhirnya satu periode.

Hasil #KampusPolling periode kedua akan diumumkan pada minggu pertama bulan Mei 2018. Pengumuman hasil poling periode kedua selambat-lambatnya akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018.

Hasil #KampusPolling periode ketiga akan diumumkan pada minggu pertama bulan September 2018. Pengumuman hasil poling periode kedua selambat-lambatnya akan diumumkan pada tanggal 7 September 2018.

Hasil #KampusPolling periode ketiga akan diumumkan pada minggu pertama bulan Januari  2019. Pengumuman hasil poling periode kedua selambat-lambatnya akan diumumkan pada tanggal 7 Januari 2019.

Hasil #KampusPolling selama tahun 2018 (Periode kedua hingga periode keempat) akan kembali diurutkan sesuai dengan peringkat presentase positif. Melalui ranking tersebut akan ditetapkan beberapa kategori:
·         FILM TERPILIH
·         FILM LUAR TERPILIH
·         FILM INDONESIA TERPILIH
·         5 FILM RANKING TERTINGGI terbagi menjadi kategori:
o   5 FILM TERPILIH #KAMPUSPOLLING
o   5 FILM LUAR TERPILIH
o   5 FILM INDONESIA TERPILIH

Berikut deskripsi penetapan Film Terpilih, Film Luar Terpilih, Film Indonesia Terpilih dan Ranking 5 Film Terpilih #KampusPolling:
o   FILM TERPILIH/FILM LUAR TERPILIH/FILM INDONESIA TERPILIH
Film yang akan ditetapkan sebagai Film Terpilih adalah film yang berhasil meraih presentase nilai positif tertinggi. Apabila terdapat lebih dari satu film yang meraih presentase sama, maka akan diurutkan berdasarkan presentase alternatif pilihan ‘Great Movie’ pada tweet polling #KampusPolling
o   5 FILM TERPILIH/5 FILM LUAR TERPILIH/5 FILM INDONESIA TERPILIH
Film-film yang yang akan ditetapkan sebagai 5 Film Terpilih adalah 5 film yang berhasil mendapatkan presentase nilai positif tertinggi. Apabila terdapat lebih dari satu film yang meraih presentase sama, maka akan diurutkan berdasarkan presentasi opsi ‘Great’ pada tweet polling #KampusPolling

Demikianlah rencana dan rancangan awal #KampusPolling untuk tahun ini. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya. @KampusFilmID sangat terbuka untuk menerima saran, maka dari itu kalian bisa memberikan saran untuk @KampusFilmID ke alamt emain: KampusFilmID@gmail.com. Sekali lagi KampusFilmID ucapkan terimakasih dan sampai bertemu di #KampusPolling2018 periode kedua!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kimi No Na Wa (Your Name) - Review

Audience Score vs Critics Score, Mana yang Sebaiknya Dipercaya?

Banda: The Dark Forgotten Trail - Review